Sunday, 20 January 2013

Bolu Kukus Karamel

Hai...Hai, pemirsah.... semoga selalu dalam kondisi sehat wal'afiat....selalu dalam lindungan Allah SWT, aminnnn......


Hari ini, Ahad - 20 Januari 2013, Sudah lebih 2 hari di Batam Hujan sepanjang hari dan masa, jumlah cucian yang gag kering2 semakin bertambah, terpaksa Dek Naflah pake pampers terus biar ngurang2 in cucian bunda, huaaaaaaaa....pengen teriak rasanya kalo dah gini (balada ditinggal Ayah ke Jakarta sudah 4 hari ini, doa bunda nya : "Ayah, cepat pulang dongggg")

Bunda pengen berbagi resep bolu kukus, bahan - bahannya cukup sederhana, mudah didapat, gag "nganeh"2, cuma ngukusnya itu, musti 3 - 4 jam, tapi kalo untuk rasa, jangan khawatir, dijamin ketagihan deh.....

Terima kasih buat mbak Echi, tetangga sebelah rumah waktu tinggal di Rindang Garden, neh resep "Idola" nya mamak ma ayahku, tante ku juga ketagihan



Bolu Kukus Karamel


Bahan : 

7 Bj                Telur (Ukuran besar - kualitas bagus)
500 gram      Margarin (saya menggunakan Blueband, boleh mix dengan butter untuk aroma)
2 1/2  gelas  Gula halus (300 gram)
4   gelas        Terigu (440 gram) saya pake Segitiga Biru
1 Bks             Vanili
1/2 Sdt           Soda Kue, Baking, Bumbu Spekuk

1 gelas          Gula Pasir untuk bikin karamel (200 gram) ditambah 1/2 gelas air (70 ml)
Kismis Coklat dan Kismis Hitam sesuai selera (semakin banyak semakin enak)
Sukade



Cara Membuat : 

Masak gula pasir hingga meleleh (lumer dan mencair rata) kemudian masukkan air, dan aduk rata diamkan agak dingin

Campur Gula Halus + Mentega, kemudian kocok menggunakan Mixer hingga adonan menjadi putih, dan kemudian tambahkan telor satu persatu, mixer telor - kurleb 2 menit baru kemudian masukkan telor berikutnya sampai habis.

Kemudian masukkan karamel yang sudah dingin kedalam adonan telur, tambahkan Soda kue, Baking, Bumbu spekuk, vanili.

Baru kemudian masukkan tepung sedikit demi sedikit sampai habis. Tambahkan Sukade

Siapkan loyang yang sudah disapu mentega dan ditaburi terigu atau bisa menggunakan kertas kue.

Masukkan ke dalam kukusan yang sudah mendidih selama 3 - 4 jam.

Note : Konon katanya, semakin lama dikukus, kue semakin bertahan lama.....


Selamat Mencuba

Salam, Bund Cake






        




No comments:

Post a Comment